Tips Lancar Jalankan Ibadah Puasa Agar Terhindar Dari Godaan Apapun

Menyambut datangnya bulan ramadhan memang banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari tampilan yang baru hingga persiapan fisik sendiri, mengingat sebagai bagian dari umat muslim Anda memang dituntut untuk bisa mengerjakan ibadah yang satu ini, khususnya yang sudah mampu. Bahkan banyak diantara anak kecil yang sudah mulai belajar menjalankan puasa sebagai bagian dari pembelajaran hingga kelak jika sudah dewasa tak merasa terbebani dalam menjalankan ibadah nomor 3 dalam rukun islam tersebut. Bila diawali dengan baik begitu juga nantinya juga diakhiri dengan datangnya hari kemenangan, saling bermaaf-maafan di hari kemenangan. Anda sendiri tentunya menunggu datangnya hari tersebut agar bisa menghapus dosa yang selama ini diperbuat, baik itu dengan Tuhan maupun sesama manusia.

Sayangnya belum tentu bahwa ibadah Anda selama satu bulan tersebut dibekali oleh Allah. Banyak orang yang hanya mendapatkan rasa haus dan juga lapar saja tanpa mendapatkan ganjaran apapun. Tentunya Anda sendiri tak mau mengalami hal yang serupa bulan. Anda menginginkan puasa yang diridhoi oleh Allah hingga menuju ke hari kemenangan yang dapat dirayakan bersama tentunya. Sebenarnya tak terlalu sulit, berikut ini ada beberapa langkah agar ibadah Anda di bulan ramadhan Anda berjalan dengan lancar tanpa masalah apapun, juga mendapatkan berkah dari sang pencipta, yaitu:

puasa lancar

  1. Mulailah dengan niat yang tulus, semuanya diawali dengan niat, bahkan hanya dengan berniat saja sebenarnya Anda sudah mendapatkan pahala di bulan suci ini. Mereka yang sudah menanamkan niat dengan kuat tentunya sangat sulit untuk bisa mematahkannya. Untuk itu apapun sebaiknya selalu dibarengi dengan niat dan doa agar bisa berjalan dengan lancar.
  2. Cobalah untuk tak terburu-buru dalam sahur, perlambat waktu sahur Anda, jauh lebih baik adalah pada saat sudah memasuki masa imsak, karena dengan begitu metabolisme tubuh juga akan melambat, Anda bisa tahan lapar jauh lebih lama dibandingkan dalam keadaan biasa.
  3. Bukalah dengan takjil atau makanan manis terlebih dahulu, disarankan adalah korma, buah asli arab yang satu ini kandungan gulanya sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk menaikkan kadar gula darah dalam tubuh dari sehari menjalankan ibadah bulan ramadhan, tubuh Anda akan terasa lebih segar lagi selepas mengkonsumsi makanan manis.
  4. Berbuka sekenanya saja, jangan berlebihan, karena setelah berbuka nantinya akan dibarengi dengan ibadah shalat tarawih. Ini adalah saat yang paling tepat bagi Anda untuk menurunkan berat badan, karena gerakannya sama bermanfaatnya dengan melakukan olahraga.
  5. Tetap perhatikan jumlah air yang masuk ke dalam tubuh Anda tiap harinya, khususnya di malam hari.

Dalam satu bulan menjalankan ibadah puasa pastinya akan senantiasa lancar dan dapatkan berkah hingga di hari kemenangan.

 

Related Posts

About The Author

Add Comment