Anda Ingin Mudik? Begini Cara Mengatur Biaya Mudik Agar Tetap Hemat

Mudik atau pulang kampung sudah menjadi rutinitas hampir seluruh orang di Indonesia. Lewat pulang kampung ini mereka akan melepas rindu setelah sekian lama tak pernah bertemu. Pulang kampung pada umumnya dilakukan beberapa hari sebelum lebaran. Tujuannya tentu saja agar bisa melewatkan hari raya spesial ini bersama dengan orang-orang tercinta. Tapi di sisi lain ternyata pulang kampung bisa membuat anggaran keuangan keluarga menjadi berantakan. Inilah yang menjadi salah satu permasalahan tersendiri. Lantas bagaimanakah cara mengatur biaya pulang kampung supaya tetap hemat? Supaya tidak boros, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencatat pengeluaran. Pastikan Anda mencatat segala keperluan hingga tidak ada yang tertinggal. Mencatat biaya pulang kampung juga bisa membuat Anda lebih siap untuk menyambutnya. Setelah mencatat, ada beberapa hal yang mesti dilakukan. Diantaranya:

  • Buatlah skala prioritas hingga Anda bisa mengetahui manakah yang penting dan manakah yang kurang penting.
  • Jika terasa kurang penting, sebaiknya jangan catat pada daftar yang perlu dibeli sebelum pulang kampung.
  • Kemudian Anda bisa membeli segala kebutuhan sebelum hari berangkat pulang kampung.

Tidak berlebihan

Salah satu kebiasaan yang buruk menjelang mudik adalah gaya hidup yang berlebihan. Misalnya saja membeli aneka baju baru dalam jumlah yang banyak. Padahal baju baru bukan kebutuhan yang wajib dipenuhi ketika lebaran. Selama masih memiliki baju yang layak pakai, tentu hal ini bukan menjadi keharusan untuk membeli bukan? Selain itu membeli oleh-oleh yang berlebihan juga menjadi kebiasan buruk lainnya. Supaya tetap hemat sebaiknya Anda membeli oleh-oleh seperlunya saja dan terpenting oleh-oleh tersebut bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga di kampung halaman.

mudik hemat

Lupa menabung

Karena sibuk berbelanja aneka kebutuhan pulang kampung dan lebaran, beberapa keluarga sering kali lupa menabung. Akibatnya tentu saja setelah usai lebaran mereka tidak memiliki uang simpanan. Jika sudah terjadi seperti ini, langkah yang mereka lakukan biasanya akan meminjam uang. Padahal di sisi lain berhutang justru akan menambah pengeluaran. Inilah salah satu hal yang membuat keuangan menjadi berantakan pasca lebaran. Jadi sebelum terjadi, sebaiknya sisihkan uang terlebih dahulu dan barulah Anda bisa berbelanja aneka kebutuhan lebaran. Paling tidak uang yang Anda sisihkan adalah 20% dari pendapatan. Jika lebih dari itu justru lebih baik.

Memang mudik menjadi rutinitas yang mesti Anda lakukan tiap tahun. Tapi bukan berarti pulang kampung membuat Anda menjadi boros dan berlebihan dalam membelanjakan uang bukan? Bukankah membelanjakan uang secara berlebih tidaklah baik? Untuk itulah sebaiknya Anda melakukan tips agar tetap hemat selama pulang ke kampung halaman seperti yang telah dituliskan diatas. Demikian tips ini dan selamat berhemat meskipun akan pulang kampung.

Related Posts

About The Author

Add Comment