Penting! Barang-barang Ini Wajib Harus Dipersiapkan Oleh Jemaah Haji

Setiap tahun selalu ada saja umat muslim yang bertandang ke tanah suci dalam rangka ibadah, yaitu ibadah haji atau dengan melakukan umroh. Lalu apa beda keduanya? Tentunya cukup berbeda. Beberapa orang mungkin mengidentikannya sama, namun ternyata waktu untuk melakukannya berbeda. Bagi kamu yang akan umroh dapat datang kapanpun ke tanah suci, sebaliknya ibadah yang sesuai dengan ketentuan rukun islam ke lima ini hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Selain itu dari segi syarat haji tersebut, jika kamu menghitung-hitung komponen biayanya ternyata relatif berbeda, nilainya cukup signifikan karena bisa mencapai setengahnya. Tak heran jika beberapa orang kemudian lebih memilih umroh karena juga bisa berhemat.

Melakukan ibadah yang satu ini memang tak hanya dibutuhkan kesiapan dalam hal mental saja, melainkan juga finansial, sama halnya dengan Anda yang hobby travelling, bukan masalah dapat mengunjungi tempat baru dan dapatkan banyak pengalaman, namun harus ditunjang dengan dana yang mendukung.

Untuk itu agar bisa berkunjung ke tanah suci alangkah baiknya bagi Anda hitung-hitung biaya haji dan mulai menabung sekarang juga, setelah cukup bisa langsung mendaftarkan diri, mendaftarkan selagi muda sebenarnya lebih diutamakan karena waktu tunggu sekarang menjadi lebih lama. Jika dulu cukup 2 hingga 3 tahun saja kamu sudah dapat berangkat maka sekarang bisa sampai 10 tahun. Lalu persiapan apa saja yang harus dibawa saat ibadah tersebut, berikut ini daftar perlengkapan wajib Anda, yaitu:

barang haji

  1. Uang tunai, namun juga harus diketahui bahwa uang yang kamu bawa harus ditukar terlebih dahulu sesuai dengan mata uang yang berlaku untuk memudahkan Anda berbelanja berbagai kebutuhan.
  2. Masker dan obat-obatan, khususnya bagi Anda yang memiliki penyakit bawaan tertentu sangat diwajibkan membawa obat yang sesuai agar nantinya selama berada disana masalah kesehatan tak mengganggu ibadah kamu. Masker juga termasuk komponen wajib karena tanah yang tandus dan panas sering kali membawa debu beterbangan.
  3. Jangan lupa menyiapkan pakaian ihram dan beberapa kebutuhan mandi Anda, ini termasuk penting karena digunakan untuk mensucikan diri.
  4. Data diri beserta alat komunikasi, yaitu KTP, passport hingga visa, paling tidak nantinya jika Anda tersesat dengan rombongan dapat meminta bantuan orang yang ada disana.
  5. Tak ada salahnya juga menyediakan bahan logistik, misalnya lauk pauk yang tahan lama, mengingat belum tentu makanan yang ditawarkan akan sesuai dengan selera Anda.

Memang banyak, namun itu semua untuk menunjang kehidupan selama berada di negeri orang. Meskipun dikatakan sebagai sebuah wisata religi namun kebanyakan waktu yang Anda habiskan selama haji memang dalam rangka ibadah, banyak tempat-tempat baru yang dapat kamu kunjungi dan melihat sejarah islam disana.

Related Posts

About The Author

Add Comment